Sparkly Ice

Jangan sepelekan fungsi kaca spion

sumber : welovehonda.com
Bro & sis, apa sih fungsi kaca spion di motornya? Jujur, sepertinya masih banyak orang yang seakan menyepelekan fungsi dari kaca ini. Buktinya masih ada tuh yang kaca spionnya dilepas, atau dilipat ke arah yang salah.
Namanya juga kaca, fungsinya tentu buat melihat pantulan objek yang ada di depannya. Kalau di motor, fungsi dari kaca spion tentu untuk melihat objek yang ada di belakang motor Bro & sis. Kebayang nggak kalau nggak ada yang namanya kaca spion. Tiap mau belok, nengok ke belakang. Mau nyusul kendaraan lain, nengok ke belakang. Jadinya konsentrasi terpecah. Begitu di depan ada kendaraan lain, bisa-bisa Bro & sis jadi kaget sendiri.

Banyak orang menganggap bahwa kaca spion dari pabrikan terkesan mengganggu.
Posisinya yang lebar dianggap bikin susah kalo mau nyelip-nyelip. Apalagi kalau lagi macet. Alhasil, malah pada ganti dengan kaca spion yang ukuran kacanya kecil, atau memiliki batang lebih pendek. Yang lebih parah, dilepas. Wah, nggak bagus banget tuh Brosis. Justru unsur keamanan yang harus kita nomor satukan. Soalnya naik motor itu resikonya jauh lebih besar ketimbang mobil. Salah satu caranya adalah dengan tetap memantau kondisi lalu lintas di belakang lewat kaca spion.
Meskipun terlihat sama, yaitu cermin yang diberi tangkai dan dipasang di kiri dan kanan motor. Spion sudah didesain dengan spesifikasi dan model motornya lho. Kenapa? Sebab posisi duduk setiap motor kan berbeda. Ada yang duduk tegak, ada juga yang rada racy dengan posisi sedikit menunduk. Lebar setang setiap motor juga beda-beda Brosis. Nah Brosis, semua pabrikan sepeda motor sudah mendesain spion sesuai derajat penglihatan tertentu yang disesuaikan dengan ukuran motor lho.
Gini deh contohnya, kalau motor Brosis yang harusnya memiliki lebar spion 15cm, menggunakan spion yang lebarnya hanya 10cm, yang terjadi bukannya bisa melihat ke belakang. Yang ada jadinya cuman tangan Brosis aja yang kelihatan. Betul?
Selain itu kadang ada juga yang menggunakan spion aftermarket yang keliatan lebih keren atau gaya. Memang sih, tampilan motor bakalan keliatan lebih beda. Tapi performanya gimana nih? Banyak lho spion keren tersebut yang begitu dibawa jalan, malah bergetar cerminnya. Pantulan dari cermin yg getar-getar gitu kan nggak enak diliat, alias nggak jelas. :P
Jadi cuekin aja omongan orang yang ngatain, “eh spionnya kayak orang berdoa tuh” atau “Eh gak gaul banget masih pakai spion”. Yang ada, Brosis mesti jadi contoh. Gunakan spion yang benar dan sesuai spesifikasi motor. Bagaimanapun juga, setiap parts yang ada di motor sudah didesain oleh pabrikan dan pasti ada fungsinya Brosis!
Baca juga
ShareThis Copy and Paste
- See more at: http://www.welovehonda.com/jangan-sepelekan-fungsi-kaca-spion#sthash.Qv9mmc0w.dpuf
Brosis, apa sih fungsi kaca spion di motornya? Jujur, sepertinya masih banyak orang yang seakan menyepelekan fungsi dari kaca ini. Buktinya masih ada tuh yang kaca spionnya dilepas, atau dilipat ke arah yang salah.
Namanya juga kaca, fungsinya tentu buat melihat pantulan objek yang ada di depannya. Kalau di motor, fungsi dari kaca spion tentu untuk melihat objek yang ada di belakang motor Brosis. Kebayang nggak kalau nggak ada yang namanya kaca spion. Tiap mau belok, nengok ke belakang. Mau nyusul kendaraan lain, nengok ke belakang. Jadinya konsentrasi terpecah. Begitu di depan ada kendaraan lain, bisa-bisa Brosis jadi kaget sendiri.
Banyak orang menganggap bahwa kaca spion dari pabrikan terkesan mengganggu. Posisinya yang lebar dianggap bikin susah kalo mau nyelip-nyelip. Apalagi kalau lagi macet. Alhasil, malah pada ganti dengan kaca spion yang ukuran kacanya kecil, atau memiliki batang lebih pendek. Yang lebih parah, dilepas. Wah, nggak bagus banget tuh Brosis. Justru unsur keamanan yang harus kita nomor satukan. Soalnya naik motor itu resikonya jauh lebih besar ketimbang mobil. Salah satu caranya adalah dengan tetap memantau kondisi lalu lintas di belakang lewat kaca spion.
Meskipun terlihat sama, yaitu cermin yang diberi tangkai dan dipasang di kiri dan kanan motor. Spion sudah didesain dengan spesifikasi dan model motornya lho. Kenapa? Sebab posisi duduk setiap motor kan berbeda. Ada yang duduk tegak, ada juga yang rada racy dengan posisi sedikit menunduk. Lebar setang setiap motor juga beda-beda Brosis. Nah Brosis, Honda sudah mendesain spion sesuai derajat penglihatan tertentu yang disesuaikan dengan ukuran motor lho.
Gini deh contohnya, kalau motor Brosis yang harusnya memiliki lebar spion 15cm, menggunakan spion yang lebarnya hanya 10cm, yang terjadi bukannya bisa melihat ke belakang. Yang ada jadinya cuman tangan Brosis aja yang kelihatan. Betul?
Selain itu kadang ada juga yang menggunakan spion aftermarket yang keliatan lebih keren atau gaya. Memang sih, tampilan motor bakalan keliatan lebih beda. Tapi performanya gimana nih? Banyak lho spion keren tersebut yang begitu dibawa jalan, malah bergetar cerminnya. Pantulan dari cermin yg getar-getar gitu kan nggak enak diliat, alias nggak jelas. :P
Jadi cuekin aja omongan orang yang ngatain, “eh spionnya kayak orang berdoa tuh” atau “Eh gak gaul banget masih pakai spion”. Yang ada, Brosis mesti jadi contoh. Gunakan spion yang benar dan sesuai spesifikasi motor. Bagaimanapun juga, setiap parts yang ada di motor sudah didesain oleh Honda dan pasti ada fungsinya Brosis!
- See more at: http://www.welovehonda.com/jangan-sepelekan-fungsi-kaca-spion#sthash.EjEMGUjO.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar